3 Fungsi Maskot untuk Branding Bisnis

Fungsi Maskot untuk Branding
Farrel Hadinata Avatar

Fungsi maskot untuk branding sudah banyak dipraktikan oleh para praktisi pemasaran di Indonesia. Terlebih lagi, maskot telah menjadi salah satu instrumen untuk branding sebelum era digital berkembang.

Beberapa brand ternama seperti Bear Brand, Mcdonald, hingga Dunia Fantasi (Dufan) menjadi contoh perusahaan yang sudah mempopulerkan maskotnya.

Brand yang sudah mempopulerkan maskot cenderung akan lebih dikenali oleh target pasarnya, namun memang hingga saat ini tidak semua perusahaan besar menggunakan maskot sebagai upaya memperkuat branding mereka.

Apa itu Maskot?

Maskot adalah karakter yang digunakan oleh sebuah entitas untuk merepresentasikan nilai, kepribadian, dan visi dari entitas tersebut.

Kamu mungkin familiar dengan patung badut berbaju kuning dan berambut merah milik Mcdonald, salah satu brand makanan cepat saji terkemuka di dunia.

Selain itu pada perusahaan dalam negeri, kamu pasti familiar dengan karakter bekantan berkostum yang sering kalian jumpai saat berliburan di Dufan.

Kedua perusahaan tersebut sudah menjadikan maskot sebagai salah satu “senjata” marketing mereka. Hal ini ditujukan agar target pasarnya dapat dengan mudah mengenali dan mengingat identitas perusahaan.

Fungsi Maskot untuk Branding Bisnis

Hingga saat ini maskot masih sering digunakan sebagai sarana untuk memperkuat branding. Tidak hanya untuk kebutuhan komersil, maskot juga masih sering digunakan oleh klub olahraga, komunitas, sekolah, dan lain sebagainya.

Buat kamu yang sedang memulai bisnis atau sedang mempertimbangkan maskot untuk dijadikan instrumen branding bisnismu, berikut adalah 3 fungsi maskot untuk branding bisnis kamu.

1. Sebagai Wajah Bisnis

Fungsi maskot pada dasarnya adalah sebagai wajah yang merepresentasikan karakter dan pesan yang ingin dijual oleh sebuah perusahaan, bisa dalam bentuk 3 dimensi maupun 2 dimensi.

Sebuah perusahaan tentunya memiliki visi misi, pesan, dan unique selling point yang ingin disampaikan kepada target pasarnya.

Fungsi maskot disini adalah untuk menyampaikan nilai-nilai tersebut agar lebih mudah diingat.

Beberapa brand bisnis lain juga sudah terbukti lebih diingat oleh konsumennya dengan mempopulerkan maskot, seperti:

  • Toped (Tokopedia)
  • Mickey Mouse (Walt Disney)
  • Michelin Man (Michelin)
  • Dufan (Dunia Fantasi)

Baca juga: Mengenal Maskot Merek (Brand Mascot), Beserta Contohnya!

2. Menjadi Media Komunikasi yang Baik antara Perusahaan dengan Konsumen

Fungsi maskot untuk branding lainnya adalah sebagai media komunikasi antara perusahaan dengan konsumen.

Branding sebuah bisnis tidak melulu harus membahas soal produk atau layanan yang ditawarkan, bahkan karakter bisnis tidak jarang akan lebih mudah diingat daripada produk yang dijualnya.

Bisnis yang brandingnya dibantu dengan menggunakan maskot, cenderung memiliki ikatan emosional yang lebih kuat dengan para konsumennya.

Ketika konsumenmu sudah merasa terikat secara emosional dengan suatu brand, maka produk atau layanan brand tersebut akan menjadi top of mind mereka ketika mereka membutuhkan produk yang kalian jual.

Menciptakan sebuah maskot yang dapat mengundang ketertarikan konsumen merupakan salah satu solusi agar terciptanya jembatan komunikasi yang baik antara perusahaan dengan konsumen.

Maskot yang dibuat menghibur, ramah, dan mudah dikenal oleh konsumen akan membuat mereka memiliki ikatan alam bawah sadar dengan perusahaan.

3. Memperkuat Unique Selling Point (USP)

Salah satu kunci sukses dari sebuah bisnis adalah bukan menjadi yang terbaik, tetapi menjadi yang berbeda dan unik.

Memberikan unique selling point (USP) kedalam suatu bisnis juga merupakan salah satu manfaat maskot untuk branding.

Fungsi maskot disini akan menegaskan identitas dari sebuah brand agar lebih dapat dikenali perbedaannya dengan brand kompetitor lain.

Terlebih lagi, maskot yang dibangun dengan identitas bisnis yang jelas akan sangat menunjang kesadaran konsumen terhadap brand bisnis yang dibangun.

Baca juga: Plushie Itu Apa Sih? Bedanya Dengan Doll Apa?

Ruveetex adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang distribusi tekstil khususnya untuk bahan kain bulu yang biasa digunakan untuk membuat boneka.

Apabila kamu sedang mencari supplier bahan bulu jenis Velboa, Yelvo, Nylex, dan lain sebagainya untuk keperluan merchandising atau maskot perusahaan dengan kualitas tinggi tapi dengan harga yang terjangkau, silahkan langsung menghubungi Ruveetex.

Farrel Hadinata Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo Ruveetex

Ruveetex

1.5M Followers

Halo, Ruveetex siap membantu dan berbagi info seputar dunia kain. Simak terus untuk mendapatkan informasi dan tips & tricks.

Categories